10 OS Ringan Untuk Laptop dan Netbook, Paling Wuss wus (2022)

Caricara.web.id - OS ringan untuk netbook ram 1gb - Mempunyai laptop atau netbook tua dengan spek yang minim tentu banyak sekali masalah, salah satunya masalah lemot dan lola yang sering menghampiri setiap waktu.

Lalu bagaimana caranya mengatasi laptop atau netbook tua yang lemot?  Cara yang paling tepat dan cepat mengatasi netbook ram 1gb yang lemot adalah mengganti OS (Operating System) atau sistem operasi dari OS Windows ke OS lainya seperti linux ataupun android.

Ringan Untuk Laptop dan Netbook

Nah dalam mengganti OS (Operating System) temen-temen tidak perlu menghapus OS windows nya tapi bisa langsung menjadikan Laptop atau netbook jadi dual OS yang bisa di Swicth sesuai kebutuhan.

Dan kami telah merangkum dan menguji beberapa OS (Operating System) yang ringan menggunakan netbook Axioo pico cjw yang memliki spek rendah banget yaitu prosesor intel atom N300 dengan ram 1GB, tanpa HDD dan kami menginstal langsung pada pen drive atau flashdisk sebesar 16gb.

Baca: Software Editing Video Ringan

Operating System Ringan Terbaik Untuk Laptop Tua

Apa saja OS (Operating System) yang paling lancar di netbook ram 1 - 2gb? Silahkan simak daftarnya di bawah ini:

1. Android X86 (versi 4.0.0 )

Android X86

Sistem operasi atau OS yang lancar di netbook ram 1gb yang pertama  adalah android x86 versi 4.0 (jellybean) bisa di cari aja versinya.Bisa juga instal android versi 5.1 tapi saya coba dinetbook axio saya cukup berat dan cenderung lemot.

Temen-temen bisa langsung download Android X86

2. Puppy Linux

Puppy Linux

OS teringan selanjutnya adalah puppy linux. OS puppy linux ini ringan banget di netbook axio saya.  Dengan tampilan fitur yang sederhana namun sudah lengkap dengan fitur-fitur seperti office , games ringan, dan browser.

Untuk spek minimal instal puppy linux sebagai berikut : RAM: 256MB (64MB min) | CPU: 333MHz Min) | 32-bit & 64-bit | Window Manager: JWM-2.3.2 | Download Puppy Linux

Catatan: Puppy linux bisa di instal langsung ke flashdisk / pen drive / card rider

Baca: Cara Disable keyborad internal

3. Lubuntu

Lubuntu

Memang yang paling ringan untuk OS di Laptop atau PC adalah sistem operasi linux, dan Lubuntu merupakan sistem operasi berbasis linux dan ubuntu yang sangat cocok untuk laptop dengan spek yang rendah karena ngebut banget loh di bandingkan sistem operasi windows 7.

Lubuntu memiliki tampilan yang minimalis namun tetap menarik kok  dan lebih kece di bandingkan sistem operasi puppy linux diatas.

Lubuntu bisa langsung di instal ke flashdisk loh dan minimal spek untuk menginstal OS ini sebagai berikut: RAM: 512MB (128MB min) | CPU: Pentium 4 or Pentium M or AMD K8 | 32-bit & 64-bit | Window Manager: LXDE, Openbox | Fork: Ubuntu | Download Lubuntu

4. Linux Lite

Linux Lite

Masih dari keluarga linux OS, kini ada Linux lite yang bisa temen-temen coba untuk mengganti sistem operasi windows agar lebih cepat, anti lemot dan lebih smooth.

Untuk minimal spek nya sebagai berikut : RAM: 1024MB (512MB min) | CPU: 1.5GHz (700MHz Min) | 32-bit & 64-bit | Window Manager: XFCE | Fork: Ubuntu | Download Linux Lite

5. Xubuntu

Xubuntu

Bagi pemilik laptop dan pc versi lama bisa mengganti Os ke Xubuntu yang di jamin akan lebih cepat dengan minim makan penyimpanan pada storage HDD ataupun SDD bahkan bisa langsung di instal pada flashdisk.

Dengan OS Xubuntu ini temen-temen juga bisa online dengan web browser yang bawaan dari OS.
Mimimum spek untuk menginstal Xubuntu : RAM: 1024MB (512MB min) | 32-bit & 64-bit | Window Manager: Xfce | Fork: Ubuntu | Download Xubuntu

Baca:  5 Software Video Converter

6. Slax

Slax

Slax merupakan sistem operasi berbasis linux selanjutnya yang menurut kami OS ini sangat lanjay banget di netbook axioo kami.Mungkin karena memang ukuran dari Slax ini kecil banget sehingga tidak banyak memakan ruang dan ram tentunya.

Tampilan dari OS slax ini sangat minimalis mirip seperti Puppy linux dan terlihat kurang menarik bagi kami.

Untuk menginatal OS Slax di butuhkan : RAM: 256MB (48MB Min) | CPU: i486/AMD | 32-bit & 64-bit | Window Manager: KDE | Fork: Slackware | Download Slax

7. Elementary OS

Elementary OS

Elementary OS , merupakan OS yang cukup ringan dengan tampilan lebih modern, bisa di katakan mirip dengan Mac OS milik apple. Yang menarik OS ini suport untuk laptop atau pc low end.
Namun untuk versi 32bit sudah tidak ada di dalam website aslinya, hanya tersedia versi 64bit dan file nya lumayan besar sekitar 1.4gb an.

Jika ingin menginstal di flashdisk disarankan menggunakan flasdisk yang 32 gb karena sistem dari elementary OS membutuhkan minimal 20Gb ruang kosong. Silahkan download Elementary Os

Cara download elementary os

  • Klik costum lalu isi dengan nol
  • Kemudian klik Buy / beli maka secara otomatis akan terdownload Elementary Os versi 64bit
  • Simpan.
Baca: Cara menggunakan Handbrake

8. Remix Os

Remix Os

Remix Os merupakan Operating sistem berbasis android selain android x86, namun di remix os ini di perlukan spek yang lumayan tinggi ya agar bisa jalan tanpa lemot. Jika memang spek laptop atau pc yang di gunakan bagus maka bisa bermain games games berat di remix os.

Spek yang di butuhkan untuk menginstal remix os : RAM: 2GB | CPU: 2GHz Dual Core | 32-bit & 64-bit | Window Manager: Android-as-Desktop | Fork: Android | Download Remix OS

9. Phoenix Os

Phoenix Os

Sama seperti Remix Os , Phoenix Os ini juga berjalan di sistem android yang kekinian dengan kostumisasi yang menarik. Ukuran Phoenix OS cukup besar ya jika mau di instal di flashdisk gunakan yang 32GB agar muat  dan berjalan lancar nantinya.

Nah untuk minimal spek sebagai berikut: RAM: NA | CPU: Intel x86 | 32-bit & 64-bit | Window Manager: Android-as-Desktop | Fork: Android | Download Phoenix OS

10. Chrome OS

Chrome OS

Chrome OS juga sangat cocok di instal di laptop maupun pc low end loh. Chrome OS ini milik google sendiri yang di jamin keamaan nya jika menggunakan OS ini. Chrome Os juga berjalan di sistem operasi android minimalis. Untuk aplikasi office chrome OS menggunakan Google Sheet dan aplikasi google office lainya.

Sistem operasi Chrome ini gratis alias open source dan Jika temen-temen ingin mencoba OS ini bisa bisa langsung download, untuk versi 64bit di http://chromium.arnoldthebat.co.uk/special/Camd64OS_R46-7323.0.U-Special.7z
sedangkan untuk versi 32 Bit kamu dapat mendownload-nya di http://chromium.arnoldthebat.co.uk/special/Cx86OS_R46-7323.0.U-Special.7z .

11. Windows Versi Lite

Windows versi lite merupakan Sistem operasi yang sangat ringan dibandingkan versi original. dan bisa menjadi solusi atau sekedar menghidupkan laptop jadul anda.

windows lite


Spek minim: RAM 1GB, 32/64bit. CPU minimal 1ghz.


12. Windows Original

Bukan hanya versi lite, Windows Original sebenarnya ada yang ringan dan stabil. Apasaja?


Dari berbagai macam sistem operasi di atas mungkin lubuntu yang paling cocok dengan spek axio pico cjw kami.

Jika temen-temen mempunyai laptop atau netbook yang mempunyai spekk mirip dengan axio picoo cjw kami bisa langsung mencoba lubuntu atau bisa mencoba semua OS di atas jika ingin ber eksperimen.

Nah itulah ulasan tentang Sistem Operasi (OS) terbaik untuk laptop atau netbook ram 1gb. Semoga bisa bermanfaat dan kunjungi terus website ini untuk ulasan menarik lainya.

DhedyKurnia Antusias: Blogging, Film anime, Review Laptop, HP, Games.

20 Komentar untuk "10 OS Ringan Untuk Laptop dan Netbook, Paling Wuss wus (2022)"

  1. Makasih sharingnya. Jadi wawasan saya untuk alternatif² OS. Selama ini tau baru windows sama Linux Ubuntu aja.

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak sekali ya model operating system. Walau tak terlalu banyak paham tapi minimalnya bisa tau tentang macam2 software untuk jenis Spec rendah yg aman dan cepat.

    BalasHapus
  3. Saya baru tahu cara mengatasi laptop lemot bisa dengan menggunakan OS ini. Terima kasih infonya kak.

    BalasHapus
  4. Sudah nemu Operating Sitem yang pas, tinggal laptopnya yang belum, karna ke 3 laptop rusak semua, punyaku, punya suami, & punya mertua :(

    BalasHapus
  5. baru tau kalau OS Android bisa dipasang di laptop jadul, secara laptop jadul hanya berkapasitas 4Gb aja, makin kesini makin lemot banget dibuat kerja. Thanks infonya, kira-kira ada link untuk 10 OS ini?

    BalasHapus
  6. Kebanyakan dari linux ya? dan ini katanya gratis dan open source, jadi terus berkembang. sayangnya sudah terlalu familiar dengan windows, jadi giliran pake linux jadi seperti orang baru mengenal komputer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps.. chrom os pun dari linux namun di kembangin google. Jadi enak di pake

      Hapus
  7. banyaj ternyata ya OS selain windows. sayangnya sudah terbiasa dengan windows dan pernah ke linux tp malah jadi bingung seperti orang baru kenal komputer

    BalasHapus
  8. wah pas banget nih laptopku lagi lemot dan suka mati hidup sendiri.

    BalasHapus
  9. Pernah pakai ubuntu, emang ringan banget. Kl windows asli sih udah pasti yakan, namanya juga dibayar lumayan hehe...

    BalasHapus
  10. Kalau laptop masih terinstall OS windows harus uninstall dulu dong ya? 1 Komputer gak bisa 2 OS kan mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. tinggal buat aja partisi di HDD. Misal windows di Drive C. Os yang lain di drive D.

      Atau kalo punya 2 penyimpanan malah enak lagi..

      Hapus
  11. Aselik kalo RAM uda ngehe tuh bikin malesin banget.
    Super lemot dan mudah nge-hang gajelas.

    Alhamdulillah karena bisa disiasati dengan instal OS yang ringan yaa..
    Karena aku pernah menambah RAM, namun kalau gak sesuai dengan spek laptopnya pun bakalan mengalami lagging, semacam kedip-kedip gitu..

    Suka sedih kalau gear utama bermasalah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling stabil windows 7 sih kak kalo buat windows.

      Wah kalo ganti ram harus teliti sih..

      Hapus
  12. Ternyata banyak sekali ya model operating system. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  13. baru tahu ini kalau OS di laptop itu banyak ya, selama ini tahunya hanya windows dan chrome aja, jadi agar ringan kerja laptop bisa juga dibantu dengan menggunakan OS yang ringan juga

    BalasHapus
  14. Saya pemakai Linux, memang lebih cepat dibanding windows.

    BalasHapus
  15. Semoga cita-cita untuk mendapatkan laptop dengan spek bagus bisa segera terwujud. Terima kasih untuk informasinya yang sangat bernas ini kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. ini sebenarnya testing aja sih kak.. laptop lawas yang nganggur. Iseng² deh install os lain..

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel