Rekomendasi OS Windows Paling Ringan [Ram 1- 2GB]

Caricara.web.id - Menggunakan windows 10 di perangkat kentang memang banyak sekali masalahnya mulai dari lemot, kurang responsive, cepat panas, ngehang dan masih banyak lagi. 

Namun, sebenarnya ada cara untuk mengatasi hal tersebut, selain membeli atau upgarde spesifiksi yaitu dengan menginstal OS Windows Teringan.

Windows Teringan

Dan kali ini admin akan memberikan rekomendasi OS Windows paling ringan yang cocok untuk mengganti Sistem operasi windows 10 dengan beberapa kualifikasi sebagai berikut:

  • Memakan ram 300MB-500MB
  • Perangkat jadi responsive
  • Lancar buka browser
  • Lancar buat nugas Microsoft office
  • Lancar buat edit ringan (kalo ini tergantung prosesor)
  • Lancar buat edit canva
Dari semua esensi spek diatas sudah lebih cukup jika menggunakan perangkat kentang, jika anda mengharapkan lebih, solusi terbaik memang harus melakukan upgarde, Baik RAM, SSD maupun prosesor. 

Berikut adalah OS Windows teringan yang pernah admin test dan coba di perangkat AXIO PICO ram 1 GB, setelah sebelumnya mengetes OS Teringan Linux & Android.

Urutan Windows dari yang Paling Ringan

windows merupakan OS yang umum dipasaran dan banyak sekali pengguna, juga pengembang yang membuatnya lebih ringan daripada OS Bawaannya. Walopun memang ada OS Windows yang ringan & stabil tapi itu tidak berlaku untuk netbook/notebook jadul dengan spek yang minimalis alias kentang. 

Berikut rekomendasi admin untuk windows perangkat kentang:

1. Windows 7 32bit

Windows 7 32bit merupakan windows bawaan yang paling ringan dan stabil, Dan menurut admin paling cocok di install di perangkat netbook/notebook lawas dengan spesifikasi ram 1GB/2GB. 

Namun paling standar adalah ram 2GB agar bisa berjalan lancar, antara buka-tutup aplikasi dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Pada umumnya windows 7 Ultimate memakan RAM sekitar 300-500 MB saja. 

2. Windows 7 Lite 32bit

Mau lebih lancar lagi? Windows 7 lite 32bit bisa menjadi pilihan terbaik apalagi untuk netbook ram 1gb saja. Windows Versi lite memang OS teringan namun dengan kompensasi, yaitu fitur yang dimiliki dipangkas alias di tiadakan untuk jadi lebih ringan.

Jika tidak masalah dengan fitur yang minim. Windows 7 lite 32bit bisa menjadi pilihan. 

3. Windows XP 32bit

Windows XP merupakan OS Jadul yang mungkin sudah tidak banyak yang pake, kecuali perangkat dengan spek minim dibawah 1gb. dan itu pun jarang banget untuk saat ini. 

Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. sekaligus bernostalgia dengan OS lawas yang powerfull pada masanya.

4. Windows 8 lite 32bit

Windows 8 sebenarnya juga ringan, masih banyak perangkat  laptop/ notebook ram 2GB yang memakai OS ini. Namun memang tak se tenar Windows 10. 

Untuk versi ringan anda bisa mencoba windows 8 lite 32bit.

5. Windows 10 SuperLite 32bit

Windows 10 superlite 32 bit/64bit merupakan OS Teringan yang sangat Admin rekomendasikan, pasalnya windows ini sangat lancar di pake di perangkat komputer dengan ram minim 2GB. 

Apalagi fitur yang ada di windows 10 lite ini cukup banyak dibandigkan OS windows di bawahnya. 

6. Windows 11

Anda wajib mecoba produk terbaru dari microsoft yaitu Windows 11. Karena ini adalah versi stabil dan penyempurnaan dari windows 10 yang banyak bugs nya itu.

Juga ada versi lite nya yang siap untuk di coba. 

Catatan: OS versi lite ini merupakan OS versi pengembang, jadi keamanan nya sangat diragukan. Jadi jika anda menggunakanya harus paham akan resikonya. Dan selalu aktifkan Windows Defender atau anti virus andalan anda.

Akhir Kata

Kesimpulannya, jika anda membutuhkan OS Windows yang ringan dan Aman, Pilih lah Windows 7. Tapi jika anda hanya membutuhkan ringan asal bisa dipakai Windows versi lite / superlite bisa menjadi solousinya.

Dedikurnia.id Pakar teknologi yang berpengalaman 10 tahun di bidang: sosial media, gadget, komputer, internet, aplikasi, games dan seluler.

2 Komentar untuk "Rekomendasi OS Windows Paling Ringan [Ram 1- 2GB]"

  1. Bang kalau PC rakit ram 1gb processor core2duo bisa buat maen emulator PS1 gak bang?
    Saya awam tentang pc bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya berat sih kak... kalo pake emulator.

      Tambah ram aja kak klo pc.. lebih gampang di oprek dan di Upgrade.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel