Skip to main content

6 Jenis Hama Pada Tanaman Padi yang Paling di Takuti Petani dan Cara Pengendalianya

Hama adalah musuh besar bagi para petani dan setiap tanaman punya hama masing-masing, apa lagi tanaman padi yang terkenal banyak hama yang siap menyerang. Jika hama terus di biarkan maka resiko gagal panen akan semakin besar.

Maka dari itu sebagai petani harus jeli dan mengetahui jenis-jenis hama yang menyerang tanaman padi mulai dari gejala-gejala yang di timbulkan hama tersebut. Agar penanganan bisa di terapkan sedini mungkin secara cepat, tepat dan akurat sebelum hama meyebar luas pada tanaman padi kita.

6 Jenis Hama Pada Tanaman Padi yang Paling di Takuti Petani dan Cara Pengendalianya


Berikut jenis-jenis hama tanaman padi yang harus di ketahui dan di waspadai para petani:

1.Hama Wereng


Hama wereng adalah sejenis serangga yang menyerang tanaman padi dengan menghisap cairan pada tanaman. Hama wereng ada 3 macam yaitu wereng cokelat , wereng hijau, dan wereng putih, semua jenis wereng tersebut sangat berbahaya jika sudah menyerang tanaman padi.

Hama Wereng

Jika tidak ada tindakan pembrantasan dan pencegahan hama wereng, akan di pastikan tanaman padi akan layu dan mati serta resiko gagal panen akan di tanggung oleh petani. Pencegahan secara alami bisa menggunakan Beauveria bassiana.

Tapi jika sudah tidak bisa di cegah karena sudah meluas bisa di bakar saja agar pad penanaman berikutnya resiko terserang wereng lebih sedikit.


2.Hama Penggerek Batang

Hama penggerek adalah hama yangdi sebabkan oleh ngegat yang bertelur pada tanaman padi dan berubah menjadi lava/ ulat yang memakan batang tanaman padi dari dalam. Hama ini juga paling di takuti petani karena bisa menyerang dari persemaian hingga padi siap mengeluarkan malai.

hama penggerek batang / sundep

Gejala yang terjadi bila tamanan padi di serang hama penggerek batang , jika masih muda daun tengah anakan akan rusak dan mati dan jika sudah bermalai maka padi akan kosong dan berwarna putih tanpa isi. Oleh masyarakat jawa hama penggerek batang di sebut juga sundep.

Cara pencegahan hama Penggerek batang / Sundep:

  1. Lindungi musuh alami penggerek, jangan gunakan pestisida berspektrum luas, misalnya methyl parathion.
  2. Sayat ujung helaian daun sebelum tanam pindah. Telur-telur penggerek batang kuning diletakkan dekat ujung daun. Dengan menyayat, pengalihan telur dari persemaian ke sawah dapat dikurangi.
  3. Tanam belakangan (sedikit terlambat) untuk menghindari ngengat penggerek batang kuning.
  4. Tanam varietas agak tahan.
  5. Jemur atau hamparkan jerami di bawah sinar matahari untuk membunuh larva.
  6. Jaring larca penggerek batang pada daun yang mengapung dengan jaring.



3.Hama Blas (blast)


Blas adalah hama yang di sebabkan oleh jamur Pyricularia, sp, bisa juga di sebabkan oleh Spora disebarkan melalui benih (seed borne) dan angin (air-borne).Hama blast sendiri memliki 3 jenis yaitu Blas daun , blas batang dan blas leher .

Hama Blas tanaman padi


Semua jenis hama blas sangat berbahaya jika sudah menyerang tanaman padi apa lagi blas leher (neck blast). Gejala padi yang terserang blas leher yaitu pada ruas dan batang malai akan berwarna cokelat , pengisian bulir padi juga terhambat sehingga malai hampa dan hampir patah mirip gejala penggrek batang/ sundep.

Cara pengendalian hama blas:

  • Pratanam: sanitasi sisa tanaman, tidak menanam benih dari daerah endemis, perlakuan benih/seed treatmen (isoprotiolan)
  • Vegetatif dan Generatif: tidak memupuk N berlebihan, pupuk K, aplikasi fungisida binomil atau isoprotiolan pada anakan maksimum dan bunting/awal berbunga.


4. Hama Tikus Sawah


Hama tikus adalah hama perusak terbesar tanaman padi yang paling di takuti oleh petani. Hama ini bisa menyerang tanaman padi di siang maupun malam hari jika para petani tidak bergerak cepat dalam menangulangi hama tikus maka akan rugi banyak. Selain menyerang tamanan padi hama tikus juga menyerang tanaman jagung, kedelai, kacang dan tanaman lainya.

hama tikus

Cara pengendalian hama tikus sawah:

  • Bisa dengan memburu tikus di lobang-lobang menggunakan asap sebelum proses penanaman padi.
  • Bisa menggunakan musuh alami tikus yaitu ular atau burung elang.




5.Hama Walang sangit


Hama walang sangit (belalang bau ) adalah serangga yang mempunyai bau aneh yang menyerang tanaman padi pada saat keluar malai, dengan menghisap cairan sehingga padi akan hampa , bekerut dan berawana cokelat. Walopun efek serangan hama ini tidak seseram hama lainya tapi akibat walang sangit bisa menyebabkan hasil panen jelek, produktifitas menurun dan rasa kurang enak jika di makan.

walang sangit

Pengendalian hama walang sangit :

  • Dengan cara membasmi telur –telur walang sangit
  • Dengan cara alami menggunakan musuh walang sangit yaitu jangkrik dan laba-laba




6. Hama Burung


Burung adalah hama perusak terbesar tanaman padi selain tikus, biasanya burung menyerang berjumlah banyak dan menyerbu lahan pertanian yang sudah keluar malai dan memakan padi yang mulai kuning. Akibat serangan burung malai padi akan patah dan hasil panen pun akan berkurang secara drastis.

hama burung

Pengendalian hama burung:

  • Bisa dengan menjaga sawah secara manual.
  • Atau bisa membuat orang-oranag penunggu sawah.
  • Bisa menggunakan jaring yang di pasang di atas padi.



Penutup
Nah demikian ulasan mengenai 6 jenis hama tanaman padi yang paling di takuti petani beserta cara pengedalianya. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa menambah pengetahuan para petani agar tidak terjadi gagal panen akibat hama-hama tersebut.


Admin
DhedyKurnia DhedyKurnia adalah orang biasa yang menyukai dunia Teknologi khususnya internet. Kini dia ingin berbagi tutorial, tips trik, serta informasi seputar Teknologi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar