3 Cara Redirect 301 Domain Blog lama ke Domain Baru

Caricara.web.id - Baru-baru ini saya sedang ber eksperimen dan mempelajari cara redirect 301 domain lama kedomain baru tanpa mengurangi trafik aslinya. Dengan cara menamamkan script redirect domain ke dalam theme/ templete blogspot.

Redirect domain adalah salah satu jalan keluar jika anda membeli domain dengan harga murah tapi tidak bisa memperpanjangnya karena harganya yang muahal sekali, sebagai contoh yaitu domain .ONLINE, harga beli pertama paling 20-30 ribuan saja namun untuk perpanjang harganya 550 ribu, wow sekali bukan.

Bagi anda yang sudah terlanjur silahkan pelajari cara  mengalihkan domain lama ke domain baru di blogspot yang akan saya bagikan kepada anda berdasarkan pengalaman pribadi di jamin work, tapi intinya harus sabar karena butuh waktu 1-2 minggu hingga domain baru beserta artikelnya dapat di index sempurna oleh google.

Cara Mengalihkan/ Redirect 301 Domain Blog lama ke Domain Blog Baru

Baca Juga: Cara Menanam Backlink Dofollow Yang Baik dan Benar

Cara Redirect 301 Domain lama ke Domain Baru 100% work

Tanpa banyak basa-basi karena saya tahu kalian pasti malas untuk membacanya, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut , jika anda memiliki masalah yang sama seperti diatas.

Cara Redirect 301 Domain lama ke Domain baru di blogger.com

  1. Langkah pertama pastikan domain lama kalian masih aktif, minimal 2 bulan sebelum pembayaran agar proses indexnya tidak terganggu.
  2. Masuk ke Blogger > setting > basic , silahkan hapus domain lama dari blog anda dan ganti dengan domain baru 
  3. Lalu buat blogspot baru dan costum domain dengan domain lama anda
  4. Jika sudah silahkan salin dan masukan kode di bawah ini tepat dibawah kode <head> dan ganti www.caricara.web.id  dengan demain baru kalian, kemudian save
  5. done
    Cara Mengalihkan/ Redirect Domain lama ke Domain Baru di Blogger


<script type='text/javascript'>
var d='<data:blog.url/>';
d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
location.href = 'http://www.caricara.web.id' + window.location.pathname;
</script>
Cara diatas juga bisa di terapkan di domain blogspot lama ke domain blogspot baru anda , jika masih menggunakan blogspot lo ya atau CMS Wordpress bisa dicoba siapa tahu berhasil.

Jika kalian menggunakan CMS lainya seperti Wordpress dan sejenisnya bisa gunakan cara di bawah ini:

Redirect 301 dari Penyedia Domain

Secara default penyedia domain sudah menyediakan layanan redirect, yang bernama domain forwarding. fungsinya tak jauh berbeda yaitu index domain akan di alihkan ke domain baru kalian jika format permalinknya / alamat urlnya sama.

Biasanya para penggiat SEO melakukan forwarding untuk mendongkrak situs utama dengan menggunakan age domain/ domain yang sudah berumur yang masih memiliki index google.

Langsung saja berikut tutorial forwarding domainnya: 
  1. Pertama buka domain yang ingin di forward dan pastikan ada menu Domain Forwarding seperti di bawah ini.Redirect 301 Domain Blog lama
  2. Selanjutnya klik dan Aktifkan domain forwarding maka tampilannya akan seperti di bawah ini Redirect 301 Domain Blog lamaRedirect 301 Domain Blog lamaRedirect 301 Domain Blog lama
  3. Sekarang tinggal isi nama domain baru / domain utama kalian dan isi sesuai gambar di bawah ini, atau bisa di kostum sendiri jika memang sudah paham.
  4. Setelah itu  klik save changes dan tunggu hingga 1 hari (jika belum teralihkan bisa contact langsung ke CS penyedia domain anda)
#NB: [Cara ini menggunakan Domain di rumahweb] Untuk layanan domain lainya mungkin agak-agak mirip. Jika di rasa masih bingung jangan ragu-ragu minta tolong Customer Servis dari penyedia domain anda, biar mereka juga bekerja hehehe.

Lanjut,

Jika cara-cara di atas di anggap ribet dan susah. maka ada juga solusi gampang dan pasti akan langsung redirect secara otomatis, dengan syarat punya duit bos.

Redirect Domain dengan Transfer domain

Transfer domain merupakan solusi yang aman dan cepat untuk redirect domain lama ke domain yang baru secara otomatis.  Tapi kamu harus tahu bahwa dengan menggunakan transfer domain maka kamu harus membayar 2 domain sekaligus yaitu perpanjang domain lama + bayar domain baru anda.

Cara ini tidak di rekomendasikan buat kalian yang sudah terlanjur membeli domain .online, kecuali domain kalian sudah menghasilkan banyak uang tapi nama domainya di banned google misalnya.


Dan cara ini masih work dan sudah saya coba sendiri dari, silahkan di praktekan dan di coba sendiri.


Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Blog Lewat Hp Simpel dan SEO


Penutup 
Demikian  Ulasan mengenai Cara Mengalihkan/ Redirect Domain lama ke Domain Baru di Blogger , semoga bisa bermanfaat untuk anda yang masih bingung tentang cara redirect di blogspot. Terimakasih
Dedikurnia.id Pakar teknologi yang berpengalaman 10 tahun di bidang: sosial media, gadget, komputer, internet, aplikasi, games dan seluler.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel