Skip to main content

SYARAT MEMILIH PASANGAN / JODOH MENURUT ISLAM YANG DI TUNTUNKAN NABI

Ajaran islam mengatur semua sendi-sendi kehidupan mulai bayi baru lahir hingga menutup usia, semua di jelaskan dalam Al-Quran. Dalam memilih pasangan/jodoh juga di jelaskan dalam hadist Rosullulah SAW dan Alquran. Agar kita sebagai umat muslim tidak salah dalam memlilih pasangan hidup untuk kita nikahi.

Menikah adalah suatu kewajiban bagi umat islam bagi yang sudah siap, sebagai cara untuk menghindari perbuatan zina, karena melihat lawan jenis  bukan muhrim dengan pandangan yang kedua itu haram apalagi  memegang tangan lawan jenis  yang bukan muhrim . Dan menurut islam hukumanya lebih berat tinimbang di tusuk dengan besi panas.

Baca: Cara Mendapatkan Pulsa 25K Gratis Dari Susu SGM

Sebab itulah agama islam sangat melarang pacaran, karena pacaran itu sangat dekat dengan zina, dan agama islam menganjurkan ta’aruff sebelum menikah tinimbang pacaran. Tapi anak jaman now tidak mengerti akan hal-hal yang di larang oleh agama. Agama islam seakan cuma sebagai identitas saja, sungguh miris sekali.

SYARAT MEMILIH PASANGAN / JODOH MENURUT ISLAM YANG DI TUNTUNKAN NABI

Dan kali ini mimin akan sharing tentang  syarat- syarat memilih pasangan / jodoh menurut ajaran islam yang di tuntunkan oleh Nabi.

Memilih Pasangan Berdasarkan Keimanan

Dalam agama islam sangat menganjurkan menikah dengan orang yang sama-sama beragama islam yang mempunyai keimanan yaitu selalu melaksanakan sholat lima waktu, dan Allah secara langsung melarang menikahi orang musyrik.
Dan hal ini di jelaskan di hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muttafaqun’ Alaihi, yang disampaikan oleh Abu Hurairah Radiyaulahu Anhu yang artinya sebagai berikut:

“Perempuan itu dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, maka sebaik-baik perempuan adalah perempuan yang dinikahi karena agamanya” (Muttafaqun ‘Alaihi)

Dalam Al-Quran, QS : Al Baqarah : 221

“Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran”

Di dalam QS : An Nur : 26
“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)….

Memilih Pasangan Yang Bukan Mahram nya

Selain dilarang menikahi wanita-wanita musyrik Allah SWT juga melarang menikahi pasangan yang mempunyai hubungan darah ( mahram) dan ALLAH SWT menjelaskan langsung tentang Pengertian Mahram ini dalam QS : An Nur : 31

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

Baca: Best Foto Kamen Rider ZIO Episode 16 HD Wallpaper


Skian

Demikian lah pengetahuan tentang  Memilih pasangan sholeh/sholihah menurut tuntunan Nabi, Semoga dengan adanya artikel ini bisa membatu anda dalam memilih jodoh yang baik untuk mu dan untuk agamamu.  Jangan lupa selalu kunjungi  website ini untuk artikel menarik lainya. Terimakasih

Admin
DhedyKurnia DhedyKurnia adalah orang biasa yang menyukai dunia Teknologi khususnya internet. Kini dia ingin berbagi tutorial, tips trik, serta informasi seputar Teknologi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar